Review novel Komet Minor serial Bumi karya Tere Liye


JUDUL BUKU : KOMET MINOR
PENERBIT: PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
TAHUN TERBIT : APRIL 2019
JUMLAH HALAMAN : 376 HALAMAN
NOMOR EDISI : 978602062399 (ISBN),9786020623405 (DIGITAL ISBN)

Sinopsis
Pertarungan melawan si Tanpa Mahkota akan berakhir disini. Siapa pun yang menang, semua berakhir disini, di Klan Komet Minor, tempat aliansi Para Pemburu pernah dibentuk,dan pusaka hebat pernah diciptakan. Dalam saga terakhir melawan si Tanpa Mahkota, aku, Seli, dan Ali menemukan teman seperjalanan yang hebat. Bersama-sama kami melewati berbagai rintangan, memahami banyak hal, berlatih teknik baru, bertarung bersama-sama.
Inilah kisah kami. Tentang persahabatan sejati. Tentang pengorbanan. Tentang ambisi. Tentang memaafkan.
Namaku Raib, dan aku bisa menghilang.


Buku Komet Minor karya Tere Liye ini merupakan buku ke-6 dari serial “BUMI”
Saya membelinya di gramedia online yang kebetulan sedang diskon lumayan kan untuk harga seorang mahasiswi. Jadi di series ini Raib yang berasal dari Klan Bulan dan ia mempunyai teknik menghilang, melakukan pukulan berdentum, dan teknik pengobatan entah untuk menenangkan seseorang yang sedang cemas maupun yang sedang sakit, lalu ada Seli,ia berasal dari Klan Matahari seorang petarung yang tangguh juga setia kawan. Ia memiliki teknik kinetik,dan kekuatan petir,dan yang terakhir adalah Ali yang berasal dari Klan Bulan atau bisa disebut mahluk tanah, anak lelaki ini terlihat seperti tidak pernah mandi karena memiliki rambut yang berantakan tak terurus dan kadang sering terlihat berketombe, tetapi ia memiliki otak yang super genius walaupun nilai ulangannya selalu jelek karena menurutnya soal yang diberikan terlalu mudah baginya. Berkat sarung tangan milik ngglanggeram dan ngglanggeran yang berasal dari Klan Aldebaran hanya tangannya lah yang berubah mejadi tangan beruang.
Karakter di serial ini sama seperti sebelumnya yaitu Raib, Seli, Ali, si Tanpa Mahkota, Batozar dan Ceros yaitu ngglanggeram dan ngglanggeran dalam serial buku Ceros dan Batozar serta  Paman Kay dan istrinya Bibi Nay dalam serial buku Komet Ada juga karakter terbaru yaitu Tuan Entre, Arci, Lady Oopraah alias Kulture, dan Finale mereka adalah para pemburu serta ada karakter intermazo yaitu ST4R dan SP4RKS.
Klan Komet Minor sendiri adalah Klan yang tidak menetap di satu wilayah melainkan berpindah-pindah yang dikarenakan klan tersebut berada di dalam perut ikan yang besar. Hanya ada satu cara untuk kesana yaitu ke Pulau Hari Minggu dalam serial buku Komet. Tujuan utama mereka adalah mecegah si Tanpa Mahkota memiliki Tombak Pusaka. Banyak hal yang seru dan lucu misalnya Raib, Seli dan Ali harus berjuang mengumpulkan ketiga potongan yang masing-masing berada di Arci, Lady Oopraah alias Kulture dan Finale dan si Tanpa Mahkota dengan enaknya juga berhasil merebut ketiga potongan tombak pusaka tersebut tetapi Ali si genius berhasil membodohi si Tanpa Mahkota dengan cara menggunakan sebuah gel biru yang bisa berubah bentuk persis dengan apa yang akan diduplikatnya, yang tadinya si Tanpa Mahkota  dengan bangganya memiliki tombak pusaka yang bisa mengeluarkan cahaya yang lembut tapi tidak dengan kekuatannya.
Ali pun akhirnya mengeluarkan potongan tombak pusaka yang selama ini ia simpan di belakang ranselnya dan mengangkat serta mengarahkan ke si Tanpa Mahkota. Si Tanpa Mahkota pun terkapar tak berdaya dan Ali pun ingin menyelesaikannya saat itu juga tetapi Raib menahannya dan menyarankan agar si Tanpa Mahkota diserahakan kepada Ceros di Bor-O-Bhur.
Kelebihan
Seperti cerita dalam serial Bumi lainnya,cerita yang di  berikan di novel Komet Minor ini sangat seru,Bahasa yang digunakanpun mudah dimengerti. Alur dalam cerita ini campuran jadi pastikan saat membeli novel ini anda wajib membaca novel sebelumnya agar ceritanya menjadi jelas. Covernya juga menarik,gambar pada bagian depan cover menggambarkan suasana cerita. Buku ini cocok untuk dibaca semua kalangan terutama kalangan remaja.
Kekurangan
Ada alur cerita yang mudah ditebak,yaitu menduplikasi tombak pusaka dengan gel biru yang dibeli Ali, dengan gel itu semua benda yang ditiru akan sama seperti aslinya sehingga si Tanpa Mahkota dengan mudahnya tertipu dengan barang palsu dan tombak pusaka tidak akan jatuh ke tangan yang salah.
Kisah Raib, Seli, Ali melawan  si Tanpa Mahkota berakhir sudah di buku serial ini, tapi jangan khawatir karena akan ada serial yang lain jadi tetap nantikan buku berikutnya yang tentunya masih berkaitan yaitu
  •       Nebula, kisah tentang orangtua Raib
  •       Proxima Centauri, serial terpisah petualangan dunia paralel yang menceritakan kisah tentang     Ratu Calista serta ST4R dan SP4RKS
  •       Dan juga jangan lupakan si Putih, kucing itu akan memiliki kisah tersendiri.
Berikut foto novel Komet Minor cetakan ketiga

Cover depan

Cover belakang

Ketebalan halaman
Daftar Pustaka :

Tere,Liye.2019.Komet Minor.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Itu dia review dari saya,apabila ada kesalahan mohon dimaafkan. Jika kalian ingin menambahkan boleh banget nihhh dan saya juga mau tau dong apa kesan kalian setelah membaca novel ini, Kira-kira judul novel mana sih yang kalian suka dari serial "Bumi" ? Tulis di kolom komentar yaaaa...
xoxo❤



Find me on instagram : gitaprllia 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

French Fries Home Made non MSG

Home Made Iced Coffee